Isnin, 9 Jun 2014

Aplikasi Ajaib di Android

Pengguna Android selama ini sudah dimanjakan dengan melimpahnya aplikasi-aplikasi yang ada di Google play. Ratusan bahkan jutaan aplikasi tersebut terbagi dalam berbagai kategori yang tentu saja dapat kita manfaat dalam kepentingan berbagai kehidupan kita sehari-hari. Sekarang didedahkan dari banyak aplikasi tersebut, kali ini aplikanologi dibahaskan, di antaranya yang ajaib. Maksudnya ajaib di sini adalah aplikasi yang berkualiti baik secara UI mahupun fungsinya.
Sekarang pada bahagian pertama ini akan dibahas empat aplikasi sekaligus yaitu Google Gogles, Speaktoit Assistant, Lookator dan terakhir adalah Sygic.

1. Google Goggles

Google memang sudah terkenal inovatif, baik dalam segi prasarana mahupun teknologi. Salah satu penemuan yang  boleh dikatakan canggih adalah aplikasi Google Goggles ini. Selama ini kita sering mencari informasi tentang sesuatu menggunakan mesin pencari dari google dengan memasukkan kata kunci. Hakikatnya sangat membantu, tetapi ada ketikanya   tergendala jika sedang mencari info tentang suatu image atau sesuatu yang tidak kita ketahui apa kata kuncinya. Aplikasi ini boleh membantu apabila terjadi keadaan tersebut karena Google Goggles akan memfasilitasi kita untuk mencari informasi dari suatu images, secara simple dan cepat.
Google Goggles
Cara kerja aplikasi ini sangat simple, anda hanya menggunakan kamera objek yang akan  mencari  informasinya dan kemudian secara otomatiknya aplikasi akan mengscan image dan memberikan informasi. Cepat atau lambat aplikasi menemukan informasi bergantung kepada kekuatan internet anda.

2. Speaktoit Assistant

Baru-baru ini pada ramai yang membahas tentang Jarvis, robotnya Iron man yang boleh diajak berbual dan melakukan banyak hal seperti yang diperintahkan. Sekarang di android juga sudah banyak aplikasi voice commanding seperti ini. Salah satunya aplikasi Speaktoit Assistant.
Speaktoit
Fungsi aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan yang ada pada aplikasi-aplikasi seperti ini lainnya. Fungsi-fungsi standard seperti mengirim SMS, telepon, memutar musik, dan masih banyak lagi. Selain itu kita juga boleh berperanan dengan bertanya sesuatu, misalnya tanya hotel terdekat, tanya jam berapa, berapa jarak bulan dan bumi.  Ternyata semua pengetahuan umum boleh dijawab.
Anda juga boleh berbual sama aplikasi ini dan dijamin membosankan kerana aplikasi ini memiliki variasi jawaban untuk command-command berupa pertanyaan dengan bahasa natifnya.

3. Lookator

Salah satu fungsi menggunakan smartphone adalah untuk bergaya. Dengan ini anda boleh membawa smartphone canggih dan mahal di depan orang ramai dengan bangganya. Ditambah bergaya lagi dengan aplikasi-aplikasi yang menggunakan augmented reality, seperti waktu mencari lokasi hotel dengan GPS dan visualisasi gambar dari kamera.
lookator-550x256
Aplikasi sejenis ini boleh juga mencari sinyal Wi-Fi atau hotspot, silakan pakai aplikasi Lookator. Aplikasi ini memberikan sensasi yang cukup luar biasa ketika mencari keberadaan signal hotspot. Tinggal jalankan aplikasinya lalu arahkan kamera ke segala arah, ketika menemukan sumber signal Wi-Fi akan muncul isyaratnya.
Ada 4 jenis penanda, warna hijau menunjukkan Wi-Fi yang terbuka tanpa sekatan, warna biru untuk WeFi (WeFi adalah semacam database free hotspot yang dikembangkan secara bergotongroyong), warna merah menunjukkan Wi-Fi berpassword, dan warna coklat untuk Wi-Fi coffe shop.

4.  Sygic

Sygic adalah navigasi GPS untuk Android yang dapat membantu anda untuk menemukan jalan ke suatu tempat yang sebelumnya anda belum tahu jalur mana yang mesti kamu lewati. Seperti halnya aplikasi untuk navigasi
Tampilan-Maps-dan-Navigasi-pada-aplikasi-Sygic-550x292
Aplikasi GPS Sygic ini mempunyai dokongan database jalan, lokasi, venue di mana sahaja yang boleh memudahkan atau menyenangkan pemiliknya. 
Dan luar biasanya lagi di Sygic ini kamu boleh melihat penampakan bangunan-bangunan yang ada secara 3D. Namun dengan database jalan dan venue yang lengkap ditambah dengan adanya penampakan bangunan 3D,  maka jangan hairan kalau anda mesti mendownload database tambahan yang memudahkan ketika proses instalasi di android kamu.

5. Urbanesia

Sekarang sudah banyak sangat aplikasi dan layanan yang menyediakan informasi lokasi tempat-tempat penting. Salah satunya adalah Urbanesia, layanan yang satu ini sudah cukup lama, awalnya hanya untuk di bandar besar sahaja namun kini sudah boleh dinikmati di tempat-tempat lain.
urbanesia-1-550x304
Fungsi Urbanesia  akan mengesan lokasi kita secara otomatik, jadi setiap kita memilih kategori tempat aplikasi ini akan memberikan data lokasi berdasarkan jarak terdekat. Ada 12 kategori tempat iaitu WiFi, Emergency, Restaurant, Hotel, SPBU, Minimarket, ATM, Bengkel, Spa, Cakes dan lain-lain lagi.
Dengan itu bila anda pergi kemana saja tidak perlu khuatir selama ada android dan aplikasi ini.

6. Sonar

Terdapat aplikasi yang boleh mengurangi kesuraman hidup yang gemar pergi sendirian, namanya Sonar, kemampuan utamanya adalah mengesan lokasi teman-teman yang kemungkinan sedang berada tidak jauh dari lokasi anda berada. Maksudnya, aplikasi ini boleh mengesan lokasi teman-teman anda yang ada di Facebook, Twitter, Linkedin dan tentu saja Foursquare. Jadi setiap teman-teman anda boleh check in di Facebook atau Foursquare dan twitter dengan lokasi dimana dengan sonar akan mengesan semuanya dan mengenalpasti dengan lokasi kita berada pada saat itu.
sonar-1-550x324 - Copy
Manfaatnya, Yang pertama boleh buat panggil memanggil, yang kedua kita boleh dapat teman waktu kita jalan sendirian. Sonar boleh mengesan notifikasi waktu ada teman yang kebetulan lokasinya dekat dengan anda. Sekarang kita boleh langsung mention di Twitter atau Facebook terus boleh ajak teman untuk bertemu.

7. Calorie Counter

Ingin diet? Anda boleh mencuba aplikasi Calorie Counter, aplikasi ini boleh membantu anda memonitor sekaligus merancangkan diet. Anda boleh memonitor perkembangan berat badan anda setiap hari dengan menentukan berat badan awal dan target yang ingin dicapai. Selanjutnya anda juga harus merancang pola makan dan bersukan. Aplikasi ini boleh memberikan mencadangkan pemakanan untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan snack. Silakan pilih makanannya dan lihat kadar kalorinya, biar lulus membuat diet. Rancangkan juga kegiatan sukan dan nanti aplikasi ini juga boleh memperhitungkan berapa kalori yang akan terbakar dengan olah raga yang kamu
 pilihcalorie counter
Calorie Counter ini mempunyai data makanan yang sangat lengkap, boleh dicari berdasarkan bahannya atau berdasarkan faktanya yang boleh diperhitungkan disegi kalorinya. Dengan demikian, anda boleh merancangkan sesuai dengan makanan yang ada di pasaran.

8. My Tracker

Bersukan diluar rumah  seperti jogging atau berbasikal merupakan salah satu hobbi yang mengasyikkan. Apalagi jika mengambil lokasi di udara segar seperti taman-taman bunga  yang segar pasti membolehkan pemikiran kita fresh dan tentunya menyehatkan.
my tracker - Copy
Aplikasi ini akan merakam kegiatan kalian bersukan seperti Jogging, Berbasikal atau kegiatan outdoor lain. Banyak informasi yang akan kalian dapatkan seperti kecepatan purata, kecepatan maksima, waktu, dan jarak total. Dengan kemudahan diatas aplikasi ini akan sangat membantu dalam kegiatan sukan.
Hasil analisis aplikasi ini cukup berkesan dan ditampilkan dengan cukup menarik pada setiap kegiatan yang kita lalui. Sebagai salah satu aplikasi buatan top developer pantas apabila aplikasi ini memiliki banyak keunggulan baik secara Interface maupun secara tekniknya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan